Recent Posts

Sabtu, 29 Desember 2012

materi mu 8-14


RESUME MU
PERTEMUAN 8
PERSONALIA ORGANISASI

Fungsi manajemen yang berkenaan dengan penarikan, penempatan, pemberian latihan dan pengembangan anggota-anggota organisasi.
Merupakan nilai organisasi: membuat organisasi berkinerja tinggi dengan SDM yang memiliki kinerja tinggi.
Fungsi proses penyusunan personalia:
 Memastikan bahwa karyawan yang dipilih adalah yang kompeten.
 Memberikan karyawan pengetahuan dan keterampilan.
Proses penyusunan personalia:
 Perencanaan SDM, yang dirancang untuk menjamin keajegan dan pemenuhan kebutuhan personalia organisasi.
 Penarikan, yabg berhubungan dengan pengadaan calon-calon personalia.
 Seleksii, mencakup penilaian dan pemilihan.
 Pengenalan & orientasi.
 Latihan & pengembangan.
 Penilaian pelaksanaan kerja.
 Pemberian balas jasa.
 Perencanaan & pengembangan karier.
Perencanaan SDM:
 Faktor Internal: penentuan jabatan.
 Faktor Eksternal: pemahaman pasar tenaga kerja, pertimbangan kondidi permintaan, dan penawaran karyawan.
Proses perencanaan SDM:
Proses dimana manajer memastikan bahwa mereka memiliki jumlah dan jenis orang ditempat yang tepat dan pada saat yang tepat yang mampu secara efektif dan efisien.



 Recruitment
 Dari luar
Kelemahan: mahal, adanya turn over
 Dari dalam
Keuntungan: 1. Orang ang direkrut sudah mengenal organisasi.
2. kebijakan promosi memperkuat loyalitas.
3. memberi inspirasi untuk lebih berprestasi.
 Selection
Proses penyaringan tenaga kerja untuk memastikan bahwa calon yang paling tepat yang akan diperkerjakan.
 Manajemen kinerja karyawan
Suatu proses menetapkan standar kinerja.
 Compensation and benefits
Pemberian kepada karyawan dengan pembayaran financial sebagai balas jasauntuk pekerjaan yang dilaksanakan.
 Training & Development
Tujuan : memperbaiki efektifitas kerja untuk mencapai hasil-hasil kerja.



PERTEMUAN 9
PENGGERAKAN
Unsur manusia DIdalam penggerakan .
1. Mendapatkan orang-orang yang cakap.
2. Mengatakan pada mereka apa yang ingin kita capai.

Kegiatan Actuating
Proses pengarahan yang melibatkan, memotivasi, komunikasi dan kepemimpinan.
 Pemilihan orang yang tepat untuk melaksanakan tugas yang telah ditentukan dalam proses pengorganisasian.
 Memberikan instruksi sebaik-baiknya.
Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain.
Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain.
• Lisan
• Body language
• Tulis

 Fungsi komunikasi

• Fungsi control : pengendali perilaku
• Fungsi motivasi : factor meningkatkan komunikasi
• Fungsi ekspresi: penyampaian perasaan kepada orang lain
• Fungsi informasi : penyampaian data atau informasi lanjut berguna untuk mengambil keputusan

 Efektifitas komunikasi organisasi

• Saluran komunikasi formal

• Semakin melebar sesuai perkembangan dan pertumbukan organisasi
• Menghemat aliran informasi antar tingkat organisasi

• Struktur organisasi
• Spesialisau jabatan
• Pemilikan informasi

 Tipe saluran komunikasi

• Komunikasi vertical

• Komunikasi kebawah (memberikan pengarahan, informasi, instruksi,dll)
• Komunikasi ke atas (supply informasi yang terjadi di tk.kebawah : laporan periodic, penjelasan, gagasan, dll)

• Komunikasi lateral/ horizontal

• Komunikasi antar anggota dalam kelompok yang sama
• Komunikasi antar departemen pada tingkatan organisasi yang sama
• Bersifat koordinatif

• Komunikasi diagonal (semua)

 Hambatan komunikasi efektif
• Hambatan-hambatan organisasi
• Tingkatan hierarki
• Wewenang manajerial
• Spesialisasi
• Hambatan-hambatan antar pribadi
• Persepsi selektif
• Status/kedudukan komunikator
• Keadaan membela diri
• Pendengaran lemah
• Ketidak tepatan penggunaan bahasa
 Peningkatan efektifitas komunikasi
• Kesadaran akan kebutuhan komunikasi efektif
• Penggunaan umpan balik
• Menjadi komunikator yang baik
 Kepemimpinan dan kekuasaan
• Kepemimpinan : kemampuan untuk mempengaruhi kelompok menuju pencapaian sasaran
• Kekuasaan : kemampuan untuk mempengaruhi perilaku orang lain agar melakukan sesuatu (meskipun tidak diinginkan)





PERTEMUAN 10
PENGAWASAN
Proses untuk menjamin bahwa tujuan organisasi dan manajemen tercapai.
 Bagaimana membuat kegiatan sesuai yang direncanakan.
 Pengawasan bertindak sebagai kriteria penilaian pelaksanaan kerja terhadap rencana.
Fungsi pengawasan juga harus diawasi:
 Apakah laporan-laporan pengawasan akurat ?
 Apakah sistem pengawasan memberikan informasi tepat pada waktunya ?
The planning-controlling link
 Planning:
1. Goals
2. Objectives
3. Strategis
4. Plans
 Organizing:
1. Structure
2. Human resource management
 Leading:
1. Motivation
2. Leadership
3. Communication
4. Individual & Group
 Controlling:
1. Standars
2. Measurement
3. Comparison 4. Actions
Tipe dasar pengawasan
1. Pengawasan pendahuluan
• Sifat: aktif – agresif
• Efektif hanya bila manajer mampu mendapatkan info akurat dan tepat pada waktunya terhadap pengembangan .
2. Pengawasan berhenti-terus
• Proses dimana proses tertentu dari suatu prosedur harus di setujui dulu sebelum kegiatan bisa dilakukan
3. Pengawasan umpan balik
• Sifat historis
• Mengukur hasil-hasil kegiatan
Proses pengawasan
1. Penetapan standar pelaksanaan
• Target penjualan
• Keselamatan kerja
3 bentuk umum:
• Standar fisik: kuantitas barang/jasa, kualitas produk
• Standar moneter: biaya kerja, pendapatan
• Standar waktu: batas waktu produksi

2. Penetapan pengukuran pelasanaan
• Berapa kali dilakukan
• Dalam bentuk apa pengukuran akan dilakukan
• Siapa yang terlibat
3. Pengukuran pelaksanaan kegiatan
• Pengamatan (observasi)
• Laporan-laporan (lisan/tulis)
• Metoda otomatis
• Inspeksi, pengujian (test), pengambilan sampel
4. Perbandingan dan analisa penyimpangan
5. Pengambilan tindakan koreksi bila diperlukan
Pentingnya pengawasan
1. Perubahan lingkungan organisasi
2. Peningkatan kompleksitas organisasi
3. Kebutuhan pendelegasian wewenang
Perancangan proses pengawasan
1. Merumuskan hasil yang diinginkan
2. Menetapkan penunjuk hasil
3. Menetapkan standar dan penunjuk hasil
4. Menetapkan jaringan informasi dan mengambil tindakan koreksi
Ciri-ciri pengawasan efektif
1. Akurat
2. Tepat waktu
3. Obyektif
4. Terpusat pada titik pengawasan strategic
5. Realistic secara ekonomis dan organisasional
6. Terkoordinasi
7. Fleksibel
8. Bersifat sebagai penunjuk & operasional
9. Diterima oleh seluruh anggota organisasi
Metode pengawasan
1. Kualitatif: penjabaran dengan kata-kata
2. Kuantitatif: pengukuran dengan angka
Instrument pengawasan
1.Standar hasil yang direncanakan
2. Data-data statistik
3. Auditing
4.Anggaran
5. Laporan
6. Observasi langsung


PERTEMUAN 11
PERUBAHAN
 Perubahan organisasi
 Berubah orangnya
 Berubah strukturnya
 Berubah technology
Karakteristik perubahan organisasi
 Tidak konstan
 Menghasilkan ketidakpastian
 Membuat suatu ancaman ataupun peluang
Kekuatan pendorong perubahan
 Eksternal force
• Pasar
• Peraturan pemerintah & undang-undang
• Tekhnologi
• Fluktuasi pasar tenaga kerja
• Perubahan ekonomi
Internal force
• Strategi organisasi
• Angkatan kerja
• Peralatan baru
• Sikap karyawan
Agen perubahan
• Orang yang berkreasi sebagai katalisator dan diasumsikan pertanggungjawaban untuk mengatur proses perubahan.



Tipe agen perubahan
 Manajer: internal entrepreneurs
 Non manager: change specialist
 Outside consultants: change implementation experts
Pandangan terhadap proses perubahan
 Metafora air tenang
• Perubahan yang lebih terstruktur
• Pencairan status QUO
• Perubahan menjadi keadaan baru
• Pembekuan kembali
 Metafora arus jeram
• Prubahan yang tidak dapat diperkirakan
Tiga kategori perubahan
 Struktur (departemen, structural)
 Technology (proses, metode, peralatan)
 People (attitude, ekspektasi, persepsi, kelakuannya)
Pengembangan organisasi
• Program untuk mengubah orang serta sifat dan mutu hubungan kerja antar pribadi.



PERTEMUAN 12
GLOBALISASI DAN MANAJEMEN
o the global marketplace
• peluangdantantangan
- mengatasiperubahan mendadak dari para pesaing
- mengetahui perubahan budaya, politik, ekonomi
- menghadapi rasa ketidakpastian, ketakutandankecemasan.
- Beradaptasi dengan perubahan lingkungan global
- Menghindarikepicikanpandanganatau parochialism
o What’s your global perspective?
• Parachiolism
Pandangan sempit terhadap dunia; ketidakmampuan mengenali perbedaan.
• Sikap etnosentris
Pandangan bahwa pendekatan dan praktik kerja yang terbaikan adalahseperti yang ada di Negara asal.
• Sikap polisentris
Pandangan bahwa pendekatan bahwa manajer dinegeri tuan rumah mengetahui pendekatan dan praktik kerja yang terbaik dalam menjalankan bisnis mereka.
• Sikap geosentris
Pandangan yang berorientasi pada dunia yang memusatkan perhatian pada penggunaan pendekatan dan orang yang terbaik diseluruh dunia.
o Perbedaanjenisorganisasi global
• Multinasional corporation (MNC)
Perusahaan yang menyelengarakan operasi diberbagai Negara tetapi mengelola operasi daribisnis Negara asal. (contoh : Sony).
• Multidomestic corporation
Perusahaan yang mendesentralisasikanmanajemen dan keputusan-keputusannya pada daerah lokal.


• Global company
Perusahaan yang mendesentralisasikan manajemen dan keputusan-keputusannya pada Negara tuan rumah. ( contoh : Nestle ) .
• Organisasi tanpa batas
Tipe organisasi global dimana hambatan geografis buatan manusiadihilangkan.
o Bagaimana organisasi menjadi global?
• Pasif response :lakukan ekspor.
• Intial overt entry :perjalanaan bisnis dan menjual produk, dan membuat produk dengan rekanan di luar negeri.
• Ekstabilished international operation lisensi, waralaba.
o Other forms of globalization
- Strategic alliances ataualiansi strategi
Kemitraan antara organisasi dan perusahaan asingdimanaberbagi sumberdaya dan pengetahuan guna mengembangkan produk baru atau membangun fasilitas produksi ( Toshiba – Siemens – IBM >generasi baru chips computer)
- Join venture atau usaha patungan.
Aliansi strategis tertentu dimana rekannya setuju untuk membentuk organisasi yang terpisah dan independen untuk mencapai tujuan bisnis tertentu (Hewlett-Packard memiliki usaha berbeda-beda bagi peralatan komputernya).
- Foreign subsidiary atau anak perusahaan luar negeri
Fasilitas produksi atau kantor yang terpisah dan independen dan 0p dependen.
o Mengeloladilingkungan global
• Lingkungan politi – hukum
- Stabilitas dan ketidak stabilitasan legal dan system politik.
- Bagaimana perbedaan hukum :
1. Efekaktifitas bisnis
2. Efek pemesanan produk dan servis.
• Lingkungan ekonomi
- Ekonomi pasar atau market ekonomi
Suatu system ekonomi dimana sumber-sumber nyata terutama dimiliki dan dikontrol oleh sector perorangan.
- Command economy
Suatu system ekonomi dimana semua keputusanekonomi di rencanakan dari pemerintah pusat.
• Monetary and financial factor
- Tingkat pertukaran mata uang.
- Tingkat inflasi :kenaikan harga barang secara terus menerus.
- Beragam kebijakan pajak.
• Budaya nasional
Nilai dan sikap yang dipegangoleh individu dari Negara tertentu yang membentuk perilaku dan keyakinan mereka tentang apa yang dianggap penting.









ciri utama entrepreneurship
1. opportunity creating : membuat program baru

2.innovating
ide baru/mengembangkan ide lama

3.calculated risk taking:kalkulasi resiko2 yg akan datang.

enterpreneur mindsete

1.berorienttasi pada aksi

2.berfikir simple:jangn memikirkan resiko terlebih dahulu

3.selalu mencari peluang yg baru.
4.mengejar peluang dengan disiplin tinggi

5.hanya mengambil peluang terbaikiri

6.fokus eksekusi
7.memfokuskan energi setiap orag dalam bisni

pilihan ?
1.karyawan:bekerja pada orang lain,professional executive
2.iintrapreneur: karyawan dengan jiwa kewiraushaan . yg di cari adalah kemedekaan dan akses tap resources
3.entrepreneur:memiliki usaha yg dikembangkan sendiri,pegambil resikko.
4.social entrepreneur : pelaku kegiatan sosial berwatakk entrepreneur
5.eco-preneur:wirausaha dalam bidang lingkungan hidup

PERTEMUAN 13
1.kreatif
2.percaya
3. memiliki rasa tanggung jawab
4.mampu berkomunikasi dengan baik
5.terbuka menerima gal-hal baru
6.team player
7.berdedikasi tinggi
8.slalu bersyukur
9.optimis
10.berani mengambil resiko


PERTEMUAN 14
E-BUSINESS, E-COMMERCE

E-BUSINESS
MERUPAKAN KEgiatan berbisnis di internet yang tidak saja meliputi pembelian,penjualan dan jasa,
tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis
+e-business meliputi e-commerce
-e-comerce
+private networks
+local area networks
+wide area networks

e-comerce merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yag memanfaatkan
fasilitas internet dimna terdapat website yang dapat menyediakan layanan
"get and deliver". e-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga skaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading

terpenting dalam e-comerce
variabilitas,visibilitas,velositas adalah 3 hall penting dalam e-commerce

sistem e-commerce

1.electronic markets
ems adalah sebuah sarana yang mengunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembelian
dapat membandingkkan berbagai macam harga yang di tawarkan.
2.electronica data interchange
edi adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi regule yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial
3.internet commerce
adalah penggunaan internet yang berbasis teknologiinformasi dan komunikasi untuk perdagangan.

0 komentar:

Posting Komentar